Deretan Antivirus Buatan Anak Bangsa Indonesia

Akan menjadi satu hal yang menjengkelkan jika perangkat komputer atau laptop yang terserang virus, trojan atau malware. Akan ada banyak cara yang harus dilakukan yang salah satunya dan paling ampuh adalah menginstal ulang operating system atau OS-nya.

Namun tidak perlu gegabah sampai menginstal ulang jika sebelumnya kalian sudah melengkapi perangkat komputer tersebut dengan pengaman berupa antivirus. Sekarang ini sudah banyak software antivirus yang beredar di pasaran, mulai yang berbayar sampai yang gratisan.

Akan tetapi software software tersebut buatan perusahaan luar negeri. Lantas apakah Indonesia hanya mampu menggunakan saja tanpa harus menciptakan? Siapa bilang ? Ada banyak antivirus buatan anak negeri yang sekarang juga tak kalah hebat dengan produk antivirus luar. Bahkan ada beberapa di antaranya yang sudah diakui dunia.

Berikut ini adalah software antivirus terkenal dan memiliki kualitas terbaik buatan lokal :

1. SMADAV

Antivirus Buatan Indonesia

SmadaV adalah antivirus buatan lokal yang dapat diunduh secara gratis oleh siapa saja. Pihak pembuat SmadAV selalu memberikan update secara berkala dan juga tetap dapat diunduh secara gratis.
  • Kehebatan yang dimiliki SmadAV adalah mampu beroperasi bersamaan walaupun di dalam PC/laptop sudah terdapat antivitus lainnya, tanpa membuat perangkat menjadi berat. SmadAV juga sangat handal untuk digunakan sebagai penghapus virus-virus yang terbawa dan bermuara di dalam flashdisk. Proses scanningnya pun cukup cepat tanpa membuat memory banyak terpangkas.

2. PC Media Antivirus (PCMAV)


Berisikan informasi sebanyak lebih dari 3.000 jenis virus dalam databasenya. PC Media Antivirus atau PCMAV merupakan salah satu antivirus buatan lokal yang cukup populer dan digemari tidak hanya oleh orang Indonesia saja, melainkan juga sudah merambah keluar negeri.
  • Kehebatan PCMAV ini adalah di dalam databasenya, masing-masing virus yang terdeteksi akan dibasmi dengan cara tersendiri. Tidak hanya itu, pemusnahan virusnya juga tergolong hati-hati dan tidak serampangan menganggap data yang tak sesuai dalam databasenya dianggap virus, jadi tidak perlu takut akan kehilangan sistem, file atau dokumen penting setelah antivirus ini melakukan scanning.

3. Codenesia Malware Cleaner (CMC)

Antivirus Buatan Indonesia

Kependekan dari Codenesia Malware Cleaner, CMC adalah software antivirus lokal yang memiliki kualitas bagus dan mampu mengatasi segala macam virus atau malware buatan dalam atau luar negeri, juga sudah mengantongi sertifikasi 100% clean dari Softpedia.com.

4. ARTAV Antivirus

Antivirus Buatan Indonesia

Diciptakan oleh 2 pemuda asal Kota Kembang, Bandung. ARTAV Antivirus dapat dijadikan andalan ketika PC atau laptop yang bermasalah karena terserang virus atau malware.

Tidak tanggung-tanggung, ada 4 penghargaan yang didapatkan oleh Taufik Aditya Utama (23) selaku desainer dan Arrival Dwi Sentosa (18) sebagai programmernya dari perusahaan atau media luar negeri. Seperti predikat 100% Clean Award dari Softpedia.com, Top Editor Reviews – Bstdownload.com, Winner Jawa Barat ICT Award 2011 – Bandung dan Top Software Award – Softoxi.com.
  • Keunggulan dari antivirus yang menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6 dengan C++ ini adalah dapat memangkas waktu scanning yang rata-rata lama dengan tingkat keakuratan yang tinggi.

5. ANSAV Antivirus

Antivirus Buatan Indonesia

Tak kalah hebat dengan SmadaV, ANVAS Antivurs juga memiliki performa yang cukup menakjubkan. Di dalam antivirus ini terdapat berbagai fitur menarik yang bisa diatur dengan sangat mudah dan leluasa. Kelebihan dari antivirus ini adalah mempunyai ukuran kecil sehingga tidak butuh tempat besar saat diinstal dalam laptop atau PC.

ANSAV Antivirus diluncurkan pada tahun 2006 dan menjadi pesaing SMADAV dan PCMAV. Namun karena kalah cepat saat launching dipasaran, akhirnya antivirus ini kurang begitu populer di masyarakat Indonesia.
  • Antivirus ini sangat sensitif terhadap virus yang telah menginfeksi komputer. Tapi pada saat yang bersamaan, ternyata ada pula kelemahannya yaitu dapat menghapus data yang terinfeksi virus bersama dengan virus tersebut.

6. Blue Atom Antivirus

Antivirus Buatan Indonesia

Mungkin tidak banyak orang yang mengenal nama software antivirus satu ini. Blue Atom Antivirus adalah program penghapus virus, trojan dan malware yang dibuat seorang anak kelas XI E SMP di Surabaya, yang bernama Alvin Leonardo yang masih berusia 14 Tahun. Hebatnya lagi, antivirus buatannya tersebut mendapatkan verifikasi 100% Clean dari Softpedia.com pada tanggal 19 Oktober 2009.
Dalam pembuatan Blue Atom, Alvin tidak pernah mengikuti kursus atau pelatihan bahasa pemrograman. Dia belajar secara otodidak dan mempelajari 3 bahasa pemrograman sekaligus yaitu Visual Basic, C#, dan Assembler (ASMX 86).

7. Gucup Antivirus (GAV)

Antivirus Buatan Indonesia

Satu lagi produk antivirus karya anak bangsa yang diberi nama Gucup Antivirus atau GAV. Antivirus satu ini diciptakan oleh Yusuf Theretsa Patiku seorang mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
  • Keunggulan, Seperti halnya Antivirus Codenesia Malware Cleaner (CMC), Softpedia juga telah memberikan sertifikasi 100% clean untuk Antivirus satu ini. Dalam membuatnya, Yusuf menggunakan Microsoft Visual Studio, Net 2003 dengan bahasa pemrograman C#.

Selain 7 software antivirus di atas, masih ada segudang lagi produk-produk sejenis yang juga buatan lokal.

Tentu kita harus bangga akan prestasi yang dibuat para anak bangsa ini. Semoga saja kedepannya, software-software buatan anak bangsa bisa mendunia.

1 komentar

Klik Untuk Berkomentar !

14 Juni 2017 05.06 Delete comments

Semoga produk-produk anak bangsa terus berkembang dan dihargai :)

Reply
avatar